JOURNAL CIVIL CONNECTION https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil en-US Sun, 27 Aug 2023 01:39:03 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PEMETAAN TOPOGRAFI DENGAN METODE POLIGON TERTUTUP MENGGUNAKAN PROGRAM SURFER 15 DI AREAL OPERASI PRODUKSI PT. SINERGY NUSANTARA HIJAU https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/121 <p>Peta merupakan alat untuk melakukan komunikasi antara pembuat peta dan <br>pengguna peta, sehingga peta dapat menyajikan fungsi dan informasi dari obyek <br>digambarkan secara optimal (Ir. Suyono Sosrodarsono, 1980 ). Beberapa kegunaan <br>peta antara lain untuk kepentingan pelaporan (recording), peragaan (dispalying), <br>analisis (analysing), dan pemahaman dalam interaksi (interlation-ship). Peta dapat <br>memberikan informasi mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan permukaan <br>bumi, sehingga dapat dikatakan bahwa peta sangat penting bagi kehidupan manusia. Hal <br>tersebut dikarenakan hampir setiap kegiatan manusia berhubungan dengan aspek <br>keruangan (spatial), kelingkungan (ecological), dan kewilayahan (regional) dalam <br>muka bumi. Peta diperlukan oleh manusia untuk berbagai macam kebutuhan, baik yang <br>bersifat kebutuhan pribadi maupun kebutuhan umum. Dengan peta kita dapat <br>mengetahui dan menentukan lokasi suatu objek, serta mendapatkan informasi tentang <br>objek tersebut tanpa harus mendatangi langsung objeknya.</p> Rina Susanti, Chandra Cristalisana, Sangiru Kasmo Suweko, Rika rahmawati, Ronni Abdillah Copyright (c) 2022 JOURNAL CIVIL CONNECTION https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/121 Sun, 27 Aug 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGARUH TINGKAT KERUSAKAN JALAN TERHADAP KETERSEDIAAN SALURAN DRAINASEDI RUAS JALAN https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/123 <p>Jalan dan drainase merupakan satu kesatuan prasarana yang mendukung <br>keberjalanan fungsi suatu moda jalan, keduanya memiliki kesamaan dalam hal <br>penyediaan layanan mencapai tujuan. Salah satu penyebab kerusakan jalan yang sering <br>terjadi adalah adanya genangan air yang mengakibatkan jalan cepat rusak. Penelitian <br>yang telah dilaksanakan terkait hubungan drainase dengan kerusakan jalan diperoleh <br>kesimpulan sebagai berikut, Pada lokasi penelitian telah terdapat drainase yang <br>dibangun terutama disisi kanan dimana ruas jalan terdapat didaerah hulu sehingga <br>drainase dibangun disisi atas jalan. Berdasarkan perhitungan kondisi ruas jalan <br>Kuranten – Stadion memiliki kondisi jalan yang baik dan masih memiliki kerusakan <br>amblas dan keretakan dengan persentase yang masih minim. Saat ini yang dibutuhkan <br>pada ruas jalan Kuranten – Stadion adalah pemeliharaan rutin seperti babad rumput <br>dan pengangkatan lumpur agar disaat musim hujan tidak menyebabkan genangan air<br>dijalan.</p> ronni abdillah, Sangiru Kasmo Suweko, Rina Susanti, Rika rahmawati, Chandra Cristalisana Copyright (c) 2022 JOURNAL CIVIL CONNECTION https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/123 Sun, 27 Aug 2023 00:00:00 +0000 PRESERVASI DAN PELEBARAN JALAN SUMURCIBALIUNG-MUARA-BINUANGEUN DENGAN METODE ANALISIS https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/125 <p>Untuk menentukan besarnya biaya pekerjaan konstruksi dari sebuah <br>bangunan (gedung, jalan, jembatan, bangunan air dll) diperlukan suatu acuan <br>dasar acuan tersebut adalah analisa biaya konstruksi (analisa harga satuan <br>pekerjaan) yang disusun melalui kegiatan penelitian produktivitas pekerjaan di <br>lapangan dan bertujuan untuk menningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan <br>suatu pembangunan (BSN,2002).Dalam penelitian ini dilakukan analisa <br>mengenai hasil perhitungan analisa harga satuan pekerjaan dengan metode <br>Analisa SNI dan Analisa Binamarga (k) yang kemudian dikomparasikan <br>dengan Analisa Empiris Lapangan. Penelitian ini mengambil studi kasus <br>pekerjaan pada proyek Preservasi dan Pelebaran Jalan Menuju Standar Ruas <br>Jalan Sumur-Cibaliung-Muara-Binuangeun.Persamaan dalam menghitung <br>analisa harga satuan pekerjaan untuk AC-BC dan AC-WC dan ketiga metode <br>tersebut adalah komponen meliputi upah, bahan dan peralatan. Sedangkan <br>perbedaannya adalah pada perhitungan upah dan peralatan. Upah pada analisa <br>SNI dan Lapangan hanya terdiri dari pekerja dan mandor, sedangkan Analisa <br>Binamarga (K) memuat pekerja, mandor, mekanik, operator alat, supir, dan <br>buruh terlatih. Untuk analisis peralatan pada metode SNI dan Lapangan<br>dilakukan Perhitungan total biaya oprasional yang terdiri dari oprasional alat, <br>kebutuhan bahan bakar dan upah operator, sedangkan analisa binamarga (K) <br>hanya menghitung biaya oprasional nyata tanpa memasukan upah operator <br>peralatan.Hasil komparasi untuk pekerjaan lapisan aspal AC-WC di dapat hasil <br>Analisa Binamarga (K) menghasilkan harga tertinggi dibandinglkan dengan <br>Analisa SNI dan Analisa Lapangan menghasilkan harga terendah dibandingkan <br>dengan Analisa SNI maupun Analisa Binamarga</p> Sangiru Kasmo Suweko, Rika rahmawati, Rina Susanti, Chandra Cristalisana, ronni abdillah Copyright (c) 2022 JOURNAL CIVIL CONNECTION https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/125 Sun, 27 Aug 2023 00:00:00 +0000 Kaji Ulang Perencanaan Jalan Beton Bersambung Dengan Tulangan (BBDT) di Kawasan PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon ( KIEC ) Kota Cilegon – Provinsi Banten https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/122 <p>Perkerasan jalan adalah salah satu unsur kontruksi jalan raya yang <br>sangat penting dalam rangka kelancaran transportasi darat sehingga memberikan <br>kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Sehingga perlu direncanakan dengan baik <br>berdasarkan standar dan kriteria perencanaan yang berlaku di Indonesia. Jalan merupakan <br>prasarana transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk <br>melakukan mobilitas. Dengan adanya pembangunan Jalan PT. Krakatau Industrial Estate <br>Cilegon ( KIEC ) diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan dan dapat <br>mempelancar transportasi bagi masyarakat dan perindustrian yang ada. Namun, karena <br>Ruas jalan PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon merupakan jalur lalu lintas padat<br>yang juga beperan besar dalam mobilisasi ekonomi di Pulau Jawa, ruas jalan ini <br>mengalami kondisi yang kurang baik karena banyak terdapat lendutan – lendutan yang <br>mana selain membahayakan tetapi juga menghambat laju transportasi. Selain itu saluran <br>drainase yang kurang memadai menyebabkan menumpuknya genangan air. Metode <br>yang dipakai Oleh Peneliti adalah Metode Deskriptif Kualitatif. Tujuan dari penelitian ini <br>adalah Untuk mengetahui tebal pelat beton yang di gunakan agar mampu menahan <br>beban kendaraan yang melintas di Kawasan Industri PT. Krakatau Industrial Estate <br>Cilegon. Hasil dari penelitian ini tebal pelat beton bersambung dengan tulangan <br>(BBDT) yang digunakan agar mampu menahan beban kendaraan yang melintas adalah <br>sebesar 22 cm dihitung menggunakan perhitungan Pd T-14-2003 Perencanaan <br>Perkerasan Jalan Beton Semen.</p> Chandra Cristalisana, Sangiru Kasmo Suweko, Rina Susanti, Rika rahmawati, ronni abdillah Copyright (c) 2022 JOURNAL CIVIL CONNECTION https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/122 Sun, 27 Aug 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS ELEMEN STRUKTUR KOLOM TERHADAP BEBAN GEMPA WIL V DI GEDUNG ASRAMA PONPES KAUNGCAANG CADASARI PANDEGLANG DENGAN METODE DINAMIK (TIME HISTORY) https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/124 <p>Pada suatu konstruksi bangunan gedung, kolom berfungsi sebagai pendukung <br>beban-beban dari struktur yang berada di atasnya untuk diteruskan ke tanah dasar <br>melalui pondasi. Beban yang umum dipikul oleh struktur kolom ini adalah beban dari <br>balok dan plat lantai yang berupa beban aksial tekan serta momen lentur. Oleh karena itu <br>dapat didefinisikan bahwa kolom ialah suatu struktur yang mendukung beban aksial <br>dengan/tanpa momen lentur. <br>Dari latar belakang dan identifikasi masalah maka masalah dapat dirumuskan <br>sebagai berikut : 1.Apakah rasio tulangan elemen struktur kolom sudah memenuhi <br>syarat ? 2. Apakah kolom sudah memenuhi syarat strong column weak beam ? 3. <br>Apakah kolom dengan dimensi 800 x 300 mm dan tulangan 18 D 16 mampu menahan <br>beban gempa dinamik (time history) ? mengingat gempa dapat mengakibatkan <br>keruntuhan bangunan, maka gedung di wilayah Pandeglang harus dibuat atau <br>direncanakan dengan memperhitungkan beban gempa yang sesui dengan peraturan <br>yang berlaku.<br>Pada penelitian ini dilakukan analisis statik ekuivalen dan analisis time history <br>pada struktur beraturan dengan sudut dalam sehingga akan diperoleh keakurasian <br>analisis statik ekuivalen terhadap analisis time history melalui perbandingan respons <br>struktur yang dihasilkan. Analisis gempa akan disesuaikan dengan peraturan terbaru <br>yang berlaku di Indonesia yaitu SNI - 1726-2019.</p> Sangiru Kasmo Suweko, Rika rahmawati, Rina Susanti, Chandra Cristalisana, ronni abdillah Copyright (c) 2022 JOURNAL CIVIL CONNECTION https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/124 Sun, 27 Aug 2023 00:00:00 +0000 Analisis Postur Kerja pembuatan paving blok dengan Metode RULA (CV Tiga Putri, Kecamatan Majasari) https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/184 <p>dengan lokasi di Kecamatan Majasari.&nbsp; Kegiatan yang dilakukan pada saat proses produksi mengandung risiko bahaya terjadinya kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja. Penerapan faktor ergonomi sangat penting dilakukan terutama pada sektor industri, yaitu pengetahuan sikap, tata cara dan perencanaan alat kerja yang tepat Berdasarkan hasil wawancara dengan terdapat beberapa keluhan yang dialami oleh para pekerja. Khususnya pada saat proses pengaduknan, pencetakan paving Postur tubuh yang salah sering kali mengakibatkan kelelahan dan ketidaknyamanan serta dapat menyebabkan cedera pada bagian tubuh tertentu yang akan mempengaruhi postur tubuh pekerja Keluhan paling banyak dirasakan pada bagian tubuh :Bahu kanan, punggung, pinggang, paha kanan, kaki kanan. Penyebab terjadinya keluhan <em>musculoskeletal disorder </em>pada tenaga kerja produksi bagian pencetakan paving blok&nbsp; CV tiga putri menunjukkan skor RULA tinggi, Saran yang diberiakn adalah pada saat beristirahat melalukan relaksasi otot, mengurangi posisi membungkuk, dan memutar, serta merancang fasilitas mesin yang lebih tinggi sehingga.</p> lambang satria Copyright (c) 2023 JOURNAL CIVIL CONNECTION https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/civil/article/view/184 Sun, 27 Aug 2023 00:00:00 +0000