https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/technoma/issue/feed TECHNOMA 2022-08-05T07:14:34+00:00 Open Journal Systems https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/technoma/article/view/150 ANALISIS BANGUN RANGKA MOBIL 2022-08-05T02:32:01+00:00 moh azizi hakim azizi zeehakim@gmail.com Erik Heriana erik erik@gmail.com Ari Ekoprianto Ari ari@gmail.com Sony Sukmara Sony sony@gmail.com Dwi Susanto Dwi Dwi@gmail.com <p>Di Indonesia hampir seluruh kendaraan yang ada, masih menggunakan <br>bahan bakar minyak sebagai bahan bakar utamanya. Dari survey California Of <br>University menunjukan, bahwa penggunaan bahan bakar fosil seperti premium, <br>pertamax dan solar sudah mencapai 3 juta kubik per tahun dengan prosentase <br>peningkatan hampir mencapai 20%. Menurut pendapat dari guru besartr Institut <br>Teknologi Surabaya (ITS) Mukhtasor, bahwa pada tahun 2041 nanti bisa <br>diperkirakan bahan bakar minyak akan hilang dari peredaran jika penggunaan <br>bahan bakar ini masih tetap besar Oleh karena itu untuk membatasi penggunaan <br>bahan bakar fosil atau minyak, Menteri Energi Nasional melakukan suatu <br>kebijakan yang dituangkan dalam Peraturan Presiden No. 5 Tahun 2006, dengan <br>salah satu kebijakan utamanya adalah konservasi energi. Pada tahun 2025 nanti, <br>konsumsi energi dari minyak bumi ditargetkan akan turun menjadi kurang dari <br>20%</p> 2022-08-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 TECHNOMA https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/technoma/article/view/152 IMPLEMENTASI KENDARAAN DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK 2022-08-05T02:36:06+00:00 moh azizi hakim azizi azizi@gmail.com Erik Heriana erik erik@gmail.com Sony Sukmara Sony sony@gmail.com Dwi Susanto Dwi Dwi@gmail.com <p>Maraknya teknologi mobil listrik pada saat ini sangat dibutuhkan demi <br>mencapai tujuan pengganti mesin berbahan bakar minyak. Penggunaan mobil listrik <br>dirasa efektif selain tidak menimbulkan polusi udara. Mobil listrik yang dirancang <br>adalah jenis kendaraan kampus dengan kapasitas dua penumpang menggunakan motor <br>BLDC (Brushless Direct Curent). Maka penulis akan membahas perancangan kendaraan <br>kampus dengan penggerak motor listrik. Berdasarkan hasil perhitungan gaya-gaya yang <br>bekerja pada kendaraan kampus, diperoleh gaya total sebesar 2.332,961 N, maka <br>dibutuhkan daya maksimum sebesar 18.663,688 Watt. Dengan adanya gigi rasio dari <br>transmisi sebesar 2,83 dan spoket gardan 3,75 maka daya maksimum yang dibutuhkan <br>menjadi 1.758,65 Watt sehingga dapat disimpulkan bahwa: Motor yang dipakai pada <br>perancangan kendaraan kampus adalah motor BLDC dengan adanya tinjauan pustaka <br>sebelumnya motor BLDC lebih efisien dari segi daya, arus dan torsi. Keuntungan <br>tambahan yaitu tidak adanya sikat sehingga mengurangi kerugian akibat gesekan, dan <br>dari hasil menentukan kapasitas motor untuk menggerakan kendaraan kampus <br>dibutuhkan daya 1.758,65 Watt. Maka motor BLDC yang digunakan adalah 2000 Watt.</p> 2022-08-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 TECHNOMA https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/technoma/article/view/154 SISTEM PENGEMUDI JENIS PINION PADA MOBIL 2022-08-05T02:40:07+00:00 moh azizi hakim azizi zeehakin@gmail.com Erik Heriana erik erik@gmail.com Ari Ekoprianto Ari ari@gmail.com Sony Sukmara Sony sony@gmail.com Fahmi Kodratullah Fahmi Fahmi@gmial.com <p>Kegiatan manusia pada saat ini banyak mengalami perkembangan, yang salah satunya <br>adalah perkembangan pada bidang otomotif. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya <br>permintaan jumlah kendaraan, yang digunakan sebagai sarana penunjang aktifitas kegiatan <br>keseharian.Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan suatu ide, <br>untuk menciptakan kendaraan alternatif sebagai pengganti kendaraan berbahan bakar minyak, <br>yaitu dengan kendaraan terbarukan yang ramah dengan lingkungan. Untuk wacana kendaraan <br>yang ramah dengan lingkungan tersebut, dapat diterapkan pada kendaraan yang diaplikasikan <br>pada kendaraan sebagai sumber penggerak.</p> 2022-08-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 TECHNOMA https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/technoma/article/view/151 ANALISIS KAPASITAS BATERAI DAN SISTEM CHARGER PADA MOBIL 2022-08-05T02:33:56+00:00 Erik Heriana erik erik@gmail.com moh azizi hakim azizi zeehakim@gmail.com Ari Ekoprianto Ari ari@gmail.com Sony Sukmara Sony sony@gmail.com Dwi Susanto Dwi Dwi@gmail.com <p>Dengan semakin majunya teknologi saat ini memaksa kita harus cerdas dalam mengatasi <br>permasalahan energi. Di tambah lagi sekarang pemerintah menaikan harga BBM (Bahan Bakar <br>Minyak), hal ini juga yang mempelopori perancangan mobil listrik yang hemat energi dan bebas polusi <br>sehingga dapat menghindari pencemaran lingkungan baik tanah, air maupun udara. Energi listrik <br>adalah salah satu energi alternative yang dapat digunkan untuk mengurangi penggunaan bahan minyak <br>bumi atau fosil. Energi listrik sudah tidak asing dalam kehidupan sehari hari, dikarenakan pada saat ini <br>energi listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok pada masyarakat selain kebutuhan sandang, <br>pangan dan papan. kegunaan energi listik yang dapat mengubah energi menjai energi lain (mekanis, <br>panas, cahaya) serta penyaluran yang sangat mudah menjadikan energi listrik menjadi pilihan utama. <br>Mobil listrik merupakan mobil yang digerakan oleh motor DC menggunakan energi yang disimpan <br>didalam baterai. Jenis baterai yang di gunakan dalam percangan mobil listrik ini adalah baterai lithium <br>ion dengan kapasitas 20 Ah 48 V. Penggunaan mobil listrik dirasakan lebih efektif selain tidak <br>menimbulkan polusi, kontruksinya yang tidak terlalu sulit dan juga sebagi kendaraan alternative. <br>Tujuan perancangan mobil listrik dirasa akan lebih efesien untuk meningkatkan kinerja para sivitas <br>akademika, sehingga mendorong untuk melakukan rancangan kendaraan yang ramah lingkungan <br>khusunya di lingkungan Universitas Mathla’ul Anwar Banten.</p> 2022-08-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 TECHNOMA https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/technoma/article/view/153 PENGGERAK RODA KENDARAAN JENIS DIFFERENTIAL 2022-08-05T02:38:09+00:00 Fahmi Kodratullah Fahmi Fahmi@gmial.com Erik Heriana erik erik@gmail.com Ari Ekoprianto Ari ari@gmail.com Sony Sukmara Sony sony@gmail.com Dwi Susanto Dwi Dwi@gmail.com <p>Ketepatan penggunaan media dalam pembelajaran sangat bersar <br>pengaruhnya terhadap proses pembelajaran itu sendiri baik media teks, suara,gambar, <br>animasi dan vidio semua memiliki peran masing-masing dalam menunjang proses <br>pembelajaran apalagi dalam pembelajaran yang bersifat kompleks, yang tidak hanya <br>menuntut mahasiswa untuk hanya sekedar tahu tetapimahasiswa dituntut harus dapat <br>memahami, mengaplikasi, dan menganalisi tentang suatu objek yang sedang dipelajari. <br>Agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien maka penggunaan berbagai macam <br>media yang dalam proses pembelajaran sangat diperlukan</p> 2022-08-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 TECHNOMA