ANALISIS PENINGKATAN TEBAL PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DAN ESTIMASI ANGGARAN BIAYA PADA JALAN UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR BANTEN
Main Article Content
Abstract
Jalan merupakan sarana transportasi yang kemudian berkembang menjadi sarana
penghubung untuk melakukan aktifitas perekonomian baik itu aksebilitas maupun mobilitas
barang dan jasa. Perkerasan jalan merupakan salah satu struktur utama pada konstruksi jalan
dimana konstrruksinya dituntut untuk bisa memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi
penggunanya. Faktor-faktor yang memperngaruhi kinerja dari perkerasan jalan adalah faktor
lalu lintas, faktor cuaca, faktor desain lapis perkerasan dan faktor pemeliharaan. Pada penelitian
ini dilakukan analisis untuk tebal perkerasan jalan dengan menggunakan Metode Analisa
Komponen Bina Marga 1987 sehingga akan diperoleh tebal lapis perkerasan yang sesuai
dengan kebutuhan yang ada di jalan lingkungan Universitas Mathla’ul Anwar. Dari hasil
perhitungan dan pembahasan secara keseluruhan untuk perencanaan tebal perkerasan jalan di
dapatkan hasil untuk permukaan menggunakan Laston MS 590 kg dengan tebal minimum 5
cm, untuk lapis pondasi atas menggunakan batu pecah Kelas A dengan tebal 20cm, dan untuk
lapis pondasi bawah menggunakan batu pecah Kelas B dengan tebal 10cm. Setelah
mendapatkan hasil tebal perkerasan maka didapat hasil rencana anggaran biaya yang
dibutuhkan adalah sebesar Rp. 18.300.000,00.