ANALISIS PENINGKATAN TEBAL PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DAN ESTIMASI ANGGARAN BIAYA PADA JALAN UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR BANTEN

Authors

  • nurmayanti universitas mathlaul anwar banten
  • Rina Susanti universitas mathlaul anwar banten
  • Pijay Gumelar universitas mathlaul anwar banten
  • Yeddy universitas mathlaul anwar banten

Keywords:

Perkerasan Jalan, Metode Analisa Komponen Bina Marga 1987, Tebal Perkerasan Jalan, Rencana Anggaran Biaya.

Abstract

Jalan merupakan sarana transportasi yang kemudian berkembang menjadi sarana
penghubung untuk melakukan aktifitas perekonomian baik itu aksebilitas maupun mobilitas
barang dan jasa. Perkerasan jalan merupakan salah satu struktur utama pada konstruksi jalan
dimana konstrruksinya dituntut untuk bisa memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi
penggunanya. Faktor-faktor yang memperngaruhi kinerja dari perkerasan jalan adalah faktor
lalu lintas, faktor cuaca, faktor desain lapis perkerasan dan faktor pemeliharaan. Pada penelitian
ini dilakukan analisis untuk tebal perkerasan jalan dengan menggunakan Metode Analisa
Komponen Bina Marga 1987 sehingga akan diperoleh tebal lapis perkerasan yang sesuai
dengan kebutuhan yang ada di jalan lingkungan Universitas Mathla’ul Anwar. Dari hasil
perhitungan dan pembahasan secara keseluruhan untuk perencanaan tebal perkerasan jalan di
dapatkan hasil untuk permukaan menggunakan Laston MS 590 kg dengan tebal minimum 5
cm, untuk lapis pondasi atas menggunakan batu pecah Kelas A dengan tebal 20cm, dan untuk
lapis pondasi bawah menggunakan batu pecah Kelas B dengan tebal 10cm. Setelah
mendapatkan hasil tebal perkerasan maka didapat hasil rencana anggaran biaya yang
dibutuhkan adalah sebesar Rp. 18.300.000,00.

Author Biography

nurmayanti, universitas mathlaul anwar banten

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2025-02-03