IMPLEMENTASI KENDARAAN DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK IMPLEMENTASI KENDARAAN DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK

Main Article Content

moh azizi hakim
Erik heriana
Sony Sukmara
Dwi Susanto

Abstract

Maraknya teknologi mobil listrik pada saat ini sangat dibutuhkan demi
mencapai tujuan pengganti mesin berbahan bakar minyak. Penggunaan mobil listrik
dirasa efektif selain tidak menimbulkan polusi udara. Mobil listrik yang dirancang
adalah jenis kendaraan kampus dengan kapasitas dua penumpang menggunakan motor
BLDC (Brushless Direct Curent). Maka penulis akan membahas perancangan kendaraan
kampus dengan penggerak motor listrik. Berdasarkan hasil perhitungan gaya-gaya yang
bekerja pada kendaraan kampus, diperoleh gaya total sebesar 2.332,961 N, maka
dibutuhkan daya maksimum sebesar 18.663,688 Watt. Dengan adanya gigi rasio dari
transmisi sebesar 2,83 dan spoket gardan 3,75 maka daya maksimum yang dibutuhkan
menjadi 1.758,65 Watt sehingga dapat disimpulkan bahwa: Motor yang dipakai pada
perancangan kendaraan kampus adalah motor BLDC dengan adanya tinjauan pustaka
sebelumnya motor BLDC lebih efisien dari segi daya, arus dan torsi. Keuntungan
tambahan yaitu tidak adanya sikat sehingga mengurangi kerugian akibat gesekan, dan
dari hasil menentukan kapasitas motor untuk menggerakan kendaraan kampus
dibutuhkan daya 1.758,65 Watt. Maka motor BLDC yang digunakan adalah 2000 Watt.

Article Details

Section
Articles