Rancang Bangun Sistem Informasi Tagihan Rekening Air pada PDAM Pandeglang
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi telah mempengaruhi peradaban yang memungkinkan pekerjaan – pekerjaan di dalam suatu organisasi dapat diselesaikan secara tepat, akurat dan efisien. Salah satu bidang teknologi yang berkembang sangat cepat adalah teknologi komunikasi yang meliputi perangkat keras seperti komputer, alat-alat elektronik semakin banyak digemari oleh pengguna, dikarenakan dapat memenuhi kebutuhan akan sesuatu yang nyaman dan efisien. Telepon seluler (ponsel) mempunyai kelebihan yang bisa dibawa kemana-mana baik dikantor, di rumah, di kampus, di jalan atau di tempat lainnya, sehingga seseorang dapat saling berkomunikasi dengan cepat tanpa dibatasi ruang atau posisi dimana seseorang itu berada. Tentunya dengan catatan selama di dalam area operator ponsel itu sendiri. Sehingga tak diragukan lagi, ponsel memang sangat penting sekali keberadaannya. PDAM Kab. Lebak adalah salah satu perusahaan daerah air minum yang memiliki pelanggan cukup banyak. Aplikasi layanan berbasis sms gateway ini dibuat untuk memudahkan pelanggan dalam akses informasi tagihan dan pembayaran pemakain air setiapbulannya. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP, penyimpanan basis data menggunakan MySQL dan Engine SMS Gateway menggunakan Gammu. Manfaat dari perancangan sistem ini adalah untuk membantu pelanggan PDAM Kab.Lebak dalam memperoleh informasi tagihan pemakaian air setiap bulannya. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari PDAM kepada pelanggan berdasarkan masukan yang datang dari pelanggan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.