SISTEM INFORMASI RESERVASI ONLINE YANG TERINTEGRASI DENGAN WHATSAPP GATEWAY DI HOTEL PADASUKA

Main Article Content

Masdoni Lesmana
Aghy Gilar Pratama
Ervi NUrafliyan susanti

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memberikan banyak manfaat
dalam berbagai aspek, termasuk dalam bisnis perhotelan. Hotel Padasuka,
sebagai salah satu hotel yang berusaha meningkatkan mutu dan kualitas
pelayanannya, menghadapi tantangan dalam proses pemesanan yang masih
dilakukan secara manual. Ketidaknyamanan dalam proses pemesanan manual
dan kurangnya pemberitahuan informasi pemesanan secara rinci kepada tamu
telah menyebabkan kebingungan dalam pengelolaan berkas pemesanan. Oleh
karena itu, diperlukan sebuah aplikasi pemesanan online yang dapat
meningkatkan efisiensi dan menyajikan laporan secara real-time.
Aplikasi yang diusulkan memungkinkan tamu untuk melakukan pemesanan
secara online. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan pemberitahuan
informasi pemesanan kepada tamu, mengurangi risiko kehilangan berkas
pemesanan, dan meningkatkan efisiensi. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan
fitur WhatsApp Gateway untuk reservasi baik online maupuon offline.
Dengan adanya aplikasi ini, Hotel Padasuka dapat meningkatkan kualitas
pelayanan, memberikan pengalaman yang lebih baik kepada tamu, dan
memastikan kelancaran operasional dalam departemen reservasi. Ini adalah
langkah penting dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung
bisnis perhotelan dalam menghadapi tantangan yang ada. Perancangan aplikasi
ini menggunakan DFD dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySql

Article Details

How to Cite
Lesmana, M., Gilar Pratama, A., & NUrafliyan susanti, E. (2024). SISTEM INFORMASI RESERVASI ONLINE YANG TERINTEGRASI DENGAN WHATSAPP GATEWAY DI HOTEL PADASUKA. SITUSTIKA FIKUNMA, 13(2), 695-706. Retrieved from https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/situstika-fikunma/article/view/260
Section
Articles
Author Biography

Masdoni Lesmana, universitas mathla ul anwar

<br data-mce-bogus="1">