PERANCANGAN SISTEM ANTRIAN PADA LOKET PT. POS INDONESIA CABANG PANDEGLANG MENGGUNAKAN METODE SOFTWARE DEVELOPMENT LIFE CYCLE

Main Article Content

Septi
Aghy Gilar Pratama
Ervi Nurafliyan Susanti

Abstract

Kantor Pos merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang Jasa Logistik dan Layanan Pos. Sebuah Barang atau Orang merupakan Komponen- komponen yang harus menunggu untuk mendapatkan jasa oleh sarana pelayanan. kan tetapi, pada proses antrianya tidak menggunakan nomor antrian. Sehingga pelanggan tidak tertib saat mengantri di loket pelayanan Kantor Pos Cabang Pandeglang. Antrian yang panjang dan tidak adanya nomor antrian menyebabkan perselisihan sering terjadi dan waktu yang cukup lama dirasakan oleh pelanggan dalam menunggu giliran untuk menerima pelayanan, sehingga banyak pelanggan yang mengeluh. Melihat permasalahan yang ada, maka Kantor Pos Cabang Pandeglang membuat sebuah sistem yang dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi sehingga bisa mempermudah pihak Kantor Pos dalam proses antrian pelayanan Kantor Pos. Sistem ini dibangun menggunakan perancangan terstruktur yang terdiri dari Flow of Document (FOD), Flow of System (FOS), Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD) dan Normalisasi dengan menggunakan Database MySQL dan Tools Sublime Text sebagai teks editor kemudian diimplementasikan di Kantor Pos Cabang Pandeglang. Sehingga menghasilkan antrian pelayanan yang lebih efektif dan efisien.

Article Details

How to Cite
Septi, Gilar Pratama, A., & Nurafliyan Susanti, E. (2024). PERANCANGAN SISTEM ANTRIAN PADA LOKET PT. POS INDONESIA CABANG PANDEGLANG MENGGUNAKAN METODE SOFTWARE DEVELOPMENT LIFE CYCLE. SITUSTIKA FIKUNMA, 12(2), 530-539. Retrieved from https://ejournal.ftiunmabanten.ac.id/situstika-fikunma/article/view/220
Section
Articles
Author Biography

Septi, universitas mathlaulanwar banten

<br data-mce-bogus="1">