Implementasi Aplikasi E-Surat Berbasis Mobile pada Desa Cikadu
Main Article Content
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi sangat berguna dalam mendukung proses bisnis berupa data, informasi, fakta, distribusi, dan knowledge management. Pendukung pelayanan masyarakat oleh instansi pemerintah dari tingkat rukun tetangga sampai kabupaten salah satunya menyediakan aplikasi administrasi pelayanan masyarakat terutama pengajuan surat. Pelayanan administrasi kependudukan berbasis mobile (online) merupakan suatu terobosan dalam rangka peningkatan kepuasan masyarakat akan kinerja pemerintah desa sekaligus optimalisasi teknologi di bidang informasi dan komunikasi yang mana dengan pemanfaatan teknologi ini masyarakat dapat dilayani kapanpun dan dimanapun. Berdasarkan fungsi ini, Desa Cikadu mencetak surat dalam jumlah yang banyak, sehingga menyulitkan proses perekapan surat serta nomor surat yang masih direkap secara manual dan juga kesulitan staf desa untuk mencari nomor surat yang akan digunakan karena jumlah surat yang terhitung sangat banyak dan harus mencarinya di buku rekapan. Kemudian masyarakat yang akan membuat surat harus menunggu lama dan antre karena proses pembuatan surat yang dilakukan belum secara otomatis, masih menggunakan Microsoft Office dengan cara mengetikan kembali surat yang akan dibuat. Berdasarkan latar belakang, maka penulis tertarik untuk melakukan analisis dan merancang suatu sistem informasi berbasis mobile. Sistem informasi ini dibuat untuk membantu pencatatan nomor surat, membantu pembuatan surat, perekapan surat, serta sebuah fitur pelaporan yang lengkap sehingga memudahkan masyarakat dalam membuat surat dan kinerja dari kantor desa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.